10 Jalan Paling Berbahaya di Dunia

Sebagai prasarana transportasi dan pertumbuhan perekonomian sebuah wilayah, jalan raya merupakan satu hal vital. Selain itu, jalan raya juga menjadi salah satu faktor penting keselamatan para pengendara yang menggunakannya. Namun tahukah Anda ada beberapa jalan raya di dunia yang memiliki julukan jalan paling mematikan. Penasaran? Berikut 10 jalan raya berbahaya yang tersebar di seluruh dunia.

1.Jalan raya Cotopaxi Volcano, Ekuador

Jalan raya Cotopaxi Volcano yang membentang sepanjang 40 km di wilayah Taman Nasional di Ekuador menjadi salah satu jalan paling berbahaya setelah Death Road di Bolivia.

Lubang besar, lereng licin, dan semua kondisi mengemudi yang membahayakan sepertinya terdapat di sepanjang jalan ini. Pengemudi yang melewati jalan ini pun dituntut untuk ekstra hati-hati jika tak mau nyawa mereka melayang sia-sia di sepanjang jalan ini.

2.Jalan raya Arica-Iquique, Chile

Jalan raya yang menghubungkan wilayah Arica dengan Iquique di Chile merupakan jalan raya dengan jebakan kecepatan berbahaya di dunia.

Memang jika dilihat dari prasarana jalan dan kontur wilayah sepanjang jalan ini membentang, tidak ada hal yang membahayakan seperti jurang maupun kelokan tajam. Akan tetapi jalan datar dan lebar ini ternyata membuat para pengemudi sering terbuai dalam rasa aman palsu yang membuat mereka mengemudi di atas kecepatan normal dan sering berakhir dengan bencana.

3.Jalan Luxor-al-Hurghada, Mesir

Jalan Luxor-al-Hurghada terkenal sebagai salah satu jalan paling berbahaya di Mesir. Bukan karena kontur jalan, melainkan faktor keamanan yang kurang di jalan ini yang membuat banyak terjadi aksi perampokan dan penjarahan sepanjang jalan ini.

Bahkan untuk menghindari aksi para bandit ini, banyak dari pengemudi mobil harus mematikan lampu mobilnya ketika malam hari agar terhindar dari aksi komplotan bandit ini.

4.Jalan Skippers Canyon, Selandia Baru

Jalan sempit dan berliku ini benar-benar membutuhkan kewaspadaan ekstra dari setiap pengemudi yang melewatinya. Jalanan yang sempit dan permukaan yang licin membuat tingkat kecelakaan di area ini terbilang tinggi. Bahkan setiap pengemudi yang akan melewati jalan ini harus mendapatkan izin khusus dari otoritas setempat.

5.Halsema Highway, Filipina

Halsema Highway di Filipina merupakan salah satu jalan dengan volume kendaraan tinggi. Hal ini karena Halsema Highway ini merupakan jalur utama menuju ke Sagada, tempat wisata populer di Filipina.

Bahkan dilaporkan jika tiap tahunnya ada setidaknya dua bus pariwisata yang terguling sepanjang jalan yang terkenal dengan bahaya tanah longsornya ini.

6.Jalan raya Taroko Gorge, Taiwan

Dikenal sebagai salah satu jalan paling berbahaya di Taiwan, Jalan Taroko Gorge penuh memang memiliki kontur yang dikelilingi kurva buta, tikungan tajam, dan jalan sempit yang membentang melalui tebing dan pegunungan.

Dengan kontur jalan seperti itu, tidak heran jika sudah banyak kecelakaan yang terjadi di sepanjang jalan ini.

7.Jalan raya Himalaya, Nepal

Jalan raya Himalaya merupakan salah satu jalan tanah paling berbahaya di negara tersebut. Jalan ini masuk dalam kategori berbahaya karena tak beraspal, sempit, dan licin baik saat kering terlebih lagi ketiak hujan mengguyur.

Tiap tahunnya dilaporkan jika banyak kejadian kecelakaan seperti mobil dan bus yang terguling masuk ke jurang.

8.BR-116, Brasil

Masyarakat Brasil sudah akrab dengan kekejaman jalan BR-116. Jalan terpanjang kedua jalan di Brazil bahkan memiliki julukan ‘The Highway of Death’. Dilaporkan setiap tahun ada ribuan orang meninggal baik karena kecelakaan, ataupun pekerja yang mengalami insiden ketika melakukan perawatan dan pemeliharaan, dan bahkan ancaman dari geng bandit yang berkeliaran di sepanjang jalan tersebut.

9.Jalan Fairy Meadows, Pakistan

Jalan bebatuan menuju ke Fairy Meadows ini sebenarnya merupakan jalan bebatuan yang sangat sempit dan berbahaya yang terbentang sepanjang 10 km yang mengarah ke Nanga Parbat di Pakistan. Jalan Fairy Meadows ini menjadi sangat berbahaya karena terletak di pinggir sebuah lembah di area pegunungan tandus di wilayah tersebut.

10.Highway 1, Meksiko

Highway 1 merupakan jalanan paling berbahaya di Meksiko. Jalanan ini sebagian sudah diaspal, namun mayoritas masih berupa jalanan tanah yang dipenuhi bebatuan.

Yang membuat jalan Highway 1 ini sangat berbahaya adalah kontur jalan yang berkelok-kelok dan berada di sepanjang tebing tanpa ada pagar atau pembatas jalan.

source : merdeka.com

About Aditya Lukman Afandi
Never Ending for Learning Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: