Aroma Alami Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa selain makanan dan minuman yang sehat, beberapa jenis aroma ternyata mampu menyehatkan tubuh Anda. Seperti aroma bunga melati yang akan membuat Anda rileks dan aroma kopi yang dapat membuat merasa energik.

Selain itu, berikut adalah beberapa aroma yang bermanfaat untuk kesehatan :

1. Aroma Lavender
Lavender merupakan tanaman yang mengandung ekstrak alami untuk menenangkan saraf dan mengurangi stres yang Anda derita. Oleh karena itu apabila Anda menderita insomnia atau sedang stres, cobalah untuk menghirup aroma lavender dari minyak lavender.

2. Aroma Kopi
Tidak hanya minuman kopi yang dapat membuat Anda berenergi karena kandungan kafein di dalamnya, namun aroma kopi yang Anda hirup pun ternyata dapat membuat Anda lebih berenergi serta dapat menyingkirkan rasa lelah.

3. Aroma Jeruk
Aroma jeruk yang segar ternyata juga dapat membuat Anda lebih waspada. Tak hanya itu aroma jeruk dapat mengurangi mual yang sedang Anda derita.

4. Aroma Eucalyptus
Eucalyptus adalah termasuk tanaman herbal yang baik untuk kesehatan. Menghirup aroma eucalyptus dapat melegakan hidung tersumbat dan telinga yang sedang mendengung karena dingin.

5. Aroma Alkohol
Mengonsumsi alkohol memang dapat memberikan dampak buruk bagi tekanan darah tinggi. Namun menghirup aromanya justru dapat mengatur detak jantung Anda.

6. Aroma Bunga Melati 
Bunga berbentuk kecil ini memang mempunyai aroma yang sangat menenangkan. Hirup aromanya sebelum tidur sehingga tidur Anda pun menjadi lebih berkualitas.

7. Aroma Mint
Aroma mint melambangkan kesegaran dan dapat menjernihkan pikiran Anda. Sehingga dengan menghirupnya, maka dapat meningkatkan konsentrasi Anda.

8. Aroma Bunga Mawar
Apakah tidur Anda semalam tidak berkualitas? Cobalah untuk menghirup aroma mawar sebab aroma ini mampu meningkatkan kualitas tidur Anda dan akan membuat Anda bermimpi indah.

9. Aroma Cokelat
Menghirup aroma cokelat dapat mengurangi rasa sakit dan cemas yang sedang Anda miliki. Oleh karena itu hirup aroma ini ketika Anda sedang stres atau merasa tidak nyaman.

10. Aroma Sandalwood (Cendana)
Sandalwood juga merupakan tanaman yang memberikan aroma yang bermanfaat untuk kesehatan. Sandalwood dapat menjernihkan pikiran Anda dan meningkatkan konsentrasi.

11. Aroma Bunga Kuma (Saffron)
Anda sering mengalami nyeri pada saat menstruasi? Cobalah untuk menghirup aroma saffron. Aroma ini mampu menghilangkan stres, nyeri, dan perasaan tidak nyaman selama PMS.

12. Aroma Minyak Kayu Putih
Apakah hidung Anda tersumbat dan telinga mendengung karena kedinginan? Ada solusi yang sangat sederhana. Anda cukup tambahkan dua tetes minyak kayu putih ke sapu tangan. Lalu mencium aromanya secara berkala untuk mengatasi masalah tersebut.

13. Aroma Teh Hijau
Teh hijau (green tea) untuk memperbaiki sistem peredaran darah, membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paru-paru. Juga memperlambat proses penuaan.

14. Aroma Bunga Kenanga
Ylang-ylang (bunga kenanga) berguna meringankan tekanan darah tinggi, mengeluarkan sebum pada kulit.

15. Aroma Chammomile
Chammomile untuk menenangkan dan mengakhiri stres serta menyenyakkan tidur.

16. Aroma Dandellion
Dandellion untuk mengobati sakit sendi, masalah ginjal dan kantung kemih, hepatitis, penyaringan darah dan mengatasi masalah pencernaan. Juga efektif menyembuhkan sengatan lebah.

17. Aroma Thyme
Thyme membantu pencegahan flu, demam, detoksifikasi racun dan mencegah infeksi, meredekan hidung tersumbat dan alergi sinus.

18. Aroma Bunga Teratai
Lotus (bunga teratai) meningkatkan vitalitas, dan konsentrasi, mengurangi panas dalam, meningkatkan fungsi limpa dan ginjal.

19. Aroma Patchouli
Patchouli meningkatkan gairah dan semangat, meningkatkan sensualitas, memberi efek menenangkan, dan membuat tidur lebih nyenyak.

20. Aroma Basil
Basil untuk mengurangi sakit kepala dan migrain serta meningkatkan konsentrasi.

21. Aroma Apel Hijau
Green apple (apel hijau) dapat menyembuhkan mabuk dan diare, menguatkan sistem pencernaan, menjernihkan pikiran, meringankan gejala panas dalam.

 22. Aroma Merica Hitam
Black Pepper (merica hitam) memiliki aroma yang tajam namun berkhasiat mengurangi rasa sakit pada otot.

23. Aroma Vanilla
Vanilla dengan aroma lembut dan hangat mampu menenangkan pikiran.

24. Aroma Strawberry
Strawberry dapat meningkatkan selera makan, mengurangi penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kanker.

source : http://klinikpengobatanalami.wordpress.com/2014/04/30/aroma-alami-yang-bermanfaat-bagi-kesehatan/

About Aditya Lukman Afandi
Never Ending for Learning Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: