Perilaku Konsumen

Pendekatan Kardinal dan Ordinal

• Pendekatan kardinal, kepuasan dapat diukur dengan uang atau satuan hitung lainnya
• Pendekatan Ordinal, kepuasan tidak dapat diukur dengan satu satuan :

  • Marginal Utility
  • Total Utility
  • Indifference Curve
  • Budget Line

Elastisitas

  • Pengertian elastisitas, derajat kepekaan jumlah permintaan terhadap perubahan salah satu faktor yang mempengaruhi.
  • Macam – macam koefisien Elastisitas :  elastis sempurna, elastis, elastisitas tunggal, inelastis, inelastis sempurna.
  • Jenis Elastisitas : Permintaan & Penawaran.

Jenis – jenis elastisitas permintaan dan penawaran :

– Elastisitas Harga
– Elastisitas Silang
– Elastisitas Pendapatan

Resume :

  • Pendekatan pada perilaku konsumen ada dua yaitu kardinal, kepuasan dapat diukur dengan uang atau satuan hitung lainnya ( Marginal dan Total Utility), dan Ordinal, kepuasan tidak dapat diukur dengan satu satuan (Kurva Indefference dan Budget Line).
  • Elastisitas, derajat kepekaan jumlah permintaan terhadap perubahan salah satu faktor yang mempengaruhi. Terdapat dua jenis Elastisitas permintaan dan Penawaran.
  • Jenis elastisitas secara umum ada 3 macam : harga, silang, dan pendapatan.

About Aditya Lukman Afandi
Never Ending for Learning Life

One Response to Perilaku Konsumen

  1. Welldone says:

    mantaf…lanjutkan gan.!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: