Ilmu Budaya Dasar

I. Pendahuluan

Mata Kuliah IBD salah satu mata kuliah yang memvicarakan tentang nilai – nilai tentang kebudayaan tentang berbagai masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari – hari.

II. Latar Belakang

Latar belakang diberikannya IBD selain melihat konteks budaya Indonesia sesuai dengan program pendidikan di Perguruan Tinggi dalam rangka menyempurnakan pembentukan sarjana. Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat pengetahui yang terdiri atas

  1. Kemampuan Akademis adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tulisan, mengusai peralatan analisis, maupun berpikir logis, kritis, sistematis, dan analitis, memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidetifikasi dan merumuskan masalah yang di hadapi, serta mampu menawarkan alternatif pemecahannya.
  2. Kemampuan Profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.
  3. Kemampuan Personal adalah kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukan sikap, dan tingkah laku, dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai – nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan, serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

III. Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep – konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah – masalah manusia dan kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Ingrris “The Humanities”.

IV. Tujuan Ilmu Budaya Dasar

IBD semata – mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai – nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat :

  1. Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama kepentingan profesi mereka.
  2. Memberi kesempatan kepada Mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan – persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
  3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin Bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing – masing tidak jatuh ke dalam sifat – sifat kedaerahaan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
  4. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancar berkomunikasi.

V. Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Dua masalah pokok yang dapat dipakai sebagai bahan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD, yaitu :

  1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities) dari berbagai bidang.
  2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.

Dan IBD juga memeliki pokok-pokok yang dikembangakan, yaitu :

  1. Manusia dan Kebudayaan.
  2. Manusia dan Cinta Kasih.
  3. Manusia dan Penderitaan.
  4. Manusia dan Keindahan.
  5. Manusia dan Keadilan.
  6. Manusia dan Pandangan Hidup.
  7. Manusia dan Tanggungjawab serta Pengabdian.
  8. Manusia dan Kegelisahan.
  9. Manusia dan Harapan.

About Aditya Lukman Afandi
Never Ending for Learning Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: