Pengaruh Internet di Kehidupan Sehari – Hari

Arus globalisasi membuat informasi sangat cepat tersampaikan kepada masyarakat. Internet adalah salah satu media penyalur informasi tersebut, dengan internet kita bisa mendapatkan berbagi macam informasi yang di butuhkan oleh lapisan masyarakat. Dari internet kita bisa belajar segala hal, mengetahui banyak hal baik hal yang buruk maupun yang baik. karena semua informasi yang kita butuhkan dapat kita cari di internet. hal ini jelas sangat berpengaruh terhadap pola berfikir setiap individu yang akhirnya menjadi suatu pola pikir masyarakat.

Berbicara baik buruknya manfaat internet di kehidupan sehari – hari, sepertinya sangat luas sekali ya. Jika di lihat dari pengalamanku, dampak positif dan negatifnya adalah :

Dampak Positif :

  1. Menambah ilmu dan wawasan, sebab diinternat  informasi sangat tidak terbatas.
  2. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Mungkin situs pertemanan dan aplikasi chattinglah sub media yang menghubungkan kita berinteraksi dan bersosialisasi melalui internet.
  3. Berhubung saya anak yang lagi kerja sambil kuliah, ya lumayan lah untuk menghibur dan menghilangkan jenuh dari kepenatan kegiatan sehari – hari, selain itu membantu juga dalam menyelesaikan tugas kuliah, seperti tulisan ini yang di buat untuk melengkapi tugas kuliah.
  4. Bagi anda yang senang berbelanja dan berbisnis, internet memberikan kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
  5. Bingung dampak positif internet apalagi, mungkin kalo yang mau nambahin silahkan tambahin di commentnya aja y!! hehe, soalnya banyak banget dampak positifnya.

Dampak positifnya sudah, sekarang dampak negatifnya. Kalo bicara dampak negatif internet di kehidupan sehari – hari, kayaknya tak terbatas seperti informasi yang di berikannya.

Dampak negatifnya :

  1. Merusak moral dan mental, kok internet membuat merusak mental dan moral?? sebagai sumber media informasi yang tak terbatas, membuat orang mengakses apa saja yang di inginkannya dan itu belum tentu selalu hal bagus dan baik yang di akses masyarakat. hal buruk di sini adalah content pornografi dan content kekerasan. Dua hal tersebut sangat berbahaya bagi jiwa manusia, sebab jika pikirannya terpengaruh hal itu bisa di aplikasikan di kehidupannya nyata, yang tadinya hanya untuk bersenang –  senang saat di internet, tiba – tiba ada suatu keadaan yang memaksa mereka untuk melakukannya di kehidupan sehari – hari.
  2. Merusak kesehatan, lho kok kesehatan ikut rusak juga ?? taukah anda bahwa internet membuat orang lupa makan dan minum bila sudah PW  (posisi wuenak) di depan komputer!! Bukankah telat makan membuat produksi asam lambung di tubuh menjadi sangat banyak, kemudian timbulah penyakit maag, apalagi lagi dehidrasi akibat kurang minum itu lebih parah lagi penyakitnya!! semakin lama penyakit yang timbul semakin besar dan efek bagi tubuh juga sangat besar pula negatifnya. Mungkin efek kesehatan gara – gara internet masih banyak lagi ya?? pastinya.
  3. Membuat kecanduan, lho kok kecanduan?? kayak NARKOBA aja!! gimana ga kecanduan, bangun tidur update status ga jelas di facebook, terus yang gak punya internet atau komputer di rumahnya, bela – belain ke warnet dan itu bukannya ngabisin uang jajan, belum content – content gak jelas yang tersedia di internet.
  4. Media kejahatan dengan tingkat modern, nah yang ini pastinya banyak jika di sebutkan satu – persatu!! Penipuan dan pencurian sering terjadi di internet, dan hal itu biasanya terjadi pada saat kita bertransaksi di internet.
  5. Lupa waktu, seringkali kita lupa waktu jika internetan. Pengalaman saya internetan kadang – kadang bisa sampai pagi bahkan sampai gak tidur sama sekali cuman gara – gara internetan gak jelas. Dan begadang inilah merupakan akar yang sangat merusak kesehatan juga, belum radiasi komputer yang ditimbulkan. lho dari bicarain lupa waktu malah ngomongin kesehatan!! intinya internetan juga bisa membuat waktu anda terbuang dengan sia – sia

 

About Aditya Lukman Afandi
Never Ending for Learning Life

3 Responses to Pengaruh Internet di Kehidupan Sehari – Hari

  1. atin says:

    membantu tugas gue banget nih
    thanks:)

  2. dany says:

    good information

  3. santi puspa sari says:

    wah,ini sangat membantu saya dlm mngrjakan tugas
    klu dampak negatif dlm khdp sehari hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: